Mengganti Regulator Window BMW E46

Jadi ceritanya pada jendele sopir mobil BMW E46 saya kawat regulatornya putus, jadi kaca tidak bisa turun. Untunglah kejadiannya disaat kaca tertutup rapat. Coba ketika kaca terbuka, kalau hujan airnya pasti masuk. Kemudian saya membeli spare part regulator windownya. Untuk replacement tali dan roda nya saja, di jerman dihargai sekitar USD42 berikut ongkos kirim. Belum termasuk bes masuknya. Total jatuhnya bisa sekitar Rp 400.000,00. Kemudian saya tanya ke toko spare part untuk regulator window berikut rel nya Rp 500.000,00. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli yang berikut rel nya. Disamping tidak perlu menunggu dikirim dari jerman dan tidak perlu repot memasang roda dan kabel-kabelnya. Lalu saya bawa ke bengkel langganan saya. Ternyata semua mekanik sedang sibuk, saya diharuskan menunggu sekitar satu jam. Dulu saya mempunyai mekanik langganan. Saya bisa mengatur jadwal ngebengkel. Semenjak mekanik langganan saya pindah ke Jakarta, saya tidak bisa lagi mengatur jadwal ngebengkel. Akhirnya saya pulang. Lebih baik saya ganti regulator window sendiri. Siapkan obeng minus, kunci T ukuran 8mm, kunci ukuran 10 mm, satu set kunci bintang dan tentu saja spare part regulator window penggantinya.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti regulator windownya:
1. Buka aksesoris motif kayu dengan tangan. Tarik pada ujung.

2. Terdapat 2 buah baut. Buka dengan menggunakan kunci bintang.

3. Buka 3 baut yang terdapat pada handle pintu. Dua dibawah, terlebih dahulu buka penutup baut dengan menggunakan tangan atau obeng minus jika kesulitan. Dan satu lagi terdapat di dalam tombol pengatur spion. Terlebih dahulu lepas tombol dengan menggunakan obeng minus. Lalu lepas soket-soketnya. Terlihat satu buah baut di dalamnya. Buka dengan menggunakan kunci bintang.

4. Buka door trim. Caranya tarik pada bagian bawah door trim perlahan sampai atas sampai door trim terlepas semua. Lepas kabel pembuka pintu, lalu lepas semua soket-soketnya.
5. Lepas sekat penutup door trim.

6. Lepas soket motor power window dan lepas motor power window dengan menggunakan kunci bintang.

7. Turunkan kaca perlahan sampai terlihat baut pemegang kaca ke regulator. Lepas kedua baut dengan menggunakan kunci T ukuran 8 mm. Angkat kembali kaca sampai mentok ke atas. Pegang kacanya agar tidak turun.

8. Buka kelima baut regulator window dengan menggunakan kunci ukuran 10 mm kemudian tarik regulatornya keluar.

9. Pasang regulator baru. Untuk pemasanganya kebalikan dari cara melepasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*